Informasi Dan Panduan Seputar Burung Berkicau.

MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK BURUNG BERKICAU

by abang manuk , at Desember 08, 2016 , have 0 komentar

Daun sirih adalah tanaman asli indonesia,yang mulai turun temurun biasa di manfaatkan oleh banyak orang sebagai obat antiseptik tradisioanal untuk menyembuhkan segala macam penyakit.
Manfaat daun sirih bukan hanya untuk manusia,melainkan bisa juga kita manfaatkan kepada burung peliharaan.
Seperti yang kita ketahui penyakit pada burung banyak di sebabkan oleh virus,bakteri dan jamur.ke tiga hama tersebut pasti ada di sekitar sangkar jika kita jarang menjaga pola kebersihan sangkar pada burung tersebut.
Namun timbulnya ke tiga hama tersebut bukan hanya di karnakan kita malas membersihkan sangkar saja,melainkan ada juga pemicu lain semisal saling tukar kerodong,penukaran sangkar,saling tukar tempat pakan dan akibat penyebaran lewat udara.karna pada dasarnya ke tiga hama tetsebut mudah menular dan berkembang.

Penyakit pada burung yang kerap di alami akibat hama di atas ialah kutuan,kaki bubulan dan suara serak.
Ketiga penyakit tersebut jika dibiarkan tanpa ada penanganan maka akan berdampak buruk bagi burung kita ke depannya.

Burung yang terkena kutu biasanya malas mau berkicau,kesehariannya burung selalu sibuk menggaruk-garuk badannya sehingga mengakibatkan bulu rusak dan rontok bukan pada waktunya.burung yang terjangkit kutu juga merusak penampilannya,sehingga tidak sedap di pandang mata.

Kaki bubulan pada burung memicu burung sulit untuk bertengger dan selalu berada di alas sangkar.jika di biarkan berangsur lama akan mengakibatkan kelumpuhan dan berujung pada kematian.

Sedangkan suara serak pada burung akibat bakteri dan jamur yang menyerang pada tenggorokan.rasa sakit saat burung berkicau akan membuat burung tersebut membisu permanen apabila tanpa ada penanganan yang cepat.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips kesehatan bagi burung berkicau dengan bahan utama daun sirih.
Sebelum kalian menerapkan alangkah baiknya kalian baca dengan teliti terlebih dahulu langkah-langkah yang akan saya sampaikan berikut ini:

PENYEMBUHAN BURUNG YANG KUTUAN

Siapkan 3 lembar daun sirih yang sudah tua dengan ciri-ciri warna hijau kecoklatan,kemudian kalian cuci sampai bersih.
Rebus 3 lembar daun sirih tersebut ke dalam panci atau wadah merebus air lainnya dengan 3 gelas air bersih.
Lamanya merebus usahakan sampai 5 menit selama air mendidih.setelah selesai diamkan dulu air rebusan sirih sampai tersa dingin.
Tuangkan air rebusan sirih ke dalam sepray atau semprotan buat memandikan burung.
Mandikan burung dengan air sirih tersebut dua kali dalam sehari (pagi dan sore).
Jika burung sudah basah kuyub namun air rebusan masih ada,kalian semprotkan pada daerah sangkar semisal jeruji,tangkringan dan alas sangkar agar bakteri yang melekat pada sangkar juga bisa terbunuh.
Kalian tidak perlu kuatir jika air rebusan daun sirih terkena mata dan tertelan oleh burung,karna daun sirih banyak mengandung zat alami yang baik untuk kesehatan dan juga tidak beracun bagi burung.
Lakukan dengan rutin cara di atas agar burung kalian terhindar dari kutu dan membuat bulu burung tumbuh dengan bagus kembali.
Jika kalian memakai keramba untuk memandikan burung usahakan porsi daun sirih untuk campuran air di seimbangkan.misalkan kalian mau mengisi air pada pada keramba sebayak 10 gelas, maka daun sirih untuk campuran sebanyak 10 lembar.

PENYEMBUHAN KAKI BURUNG BUBULAN

Siapkan 6 lembar daun sirih dan cuci hingga bersih agar lebih higienis.
Rebus ke 6 lembar daun sirih tersebut ke dalam 1 (satu) gelas air.
Lamanya perebusan di usahakan air dalam panci yang semula satu gelas sampai tersisa setengah gelas.
Jika sudah selesai tuang pada wadah yang sudah kalian siapkan.campurkan setengah sendok garam beryodium kemudian aduk sampai larut seutuhnya.diamkan terlebih dahulu air rebusan daun sirih namun jangan sampai terasa dingin,melainkan sampai terasa hangat.
Cuci kaki burung sambil lakukan pemijatan lembut pada kaki burung yang bubulan tersebut dengan air rebusan daun sirih selagi masih hangat.
Lakukan cara ini minimal satu kali dalam sehari sampai kaki burung benar-benar sembuh dari bubulan.
Dalam proses penyembuhan ini alangkah baiknya jika tangkringan dalam sangkar kalian cuci bersih setiap hari dan diganti satu minggu sekali.
Kelembapan sangkar juga harus di jaga,setiap hari sangkar selalu di jemur pada terik matahari langsung agar tetap kering.

PENYEMBUHAN SUARA SERAK PADA BURUNG

Siapkan 4 lembar daun sirih,jahe sebesar ibu jari,1 lembar daun mengkudu yang masih muda,kemudian cuci terlebih dahulu ke tiga bahan di atas.
Rebus 2 gelas air bersih dengan besar api sedang.setelah mendidih tuangkan ketiga bahan di atas namun sebelum di tuang jahe di peyet terlebih dahulu.lamanya perebusan cukup 10 menit saja.jika sudah selesai tuangkan pada wadah dan diamkan hingga dingin.
Cara pemberian pada burung usahakan memakai inisiatif agar burung senantiasa meminumnya.
Misalnya: ketika burung lagi di jemur,satu jam sebelum burung mau di gantang dalam ruangan air minum dalam sangkar kalian ambil terlebih dahulu.
Intinya buat burung merasa haus kemudian boleh kalian berikan air rebusan ramuan di atas.
Perlu di ingat untuk inisiatif ini perlu kalian pantau agar burung tidak merasa dehidrasi berlebihan yang akan berakibat fatal.

Sekian artikel ini dan semoga bermanfaat.jangan lupa bantu share kepada yang lainnya.terima kasih.



MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK BURUNG BERKICAU
MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK BURUNG BERKICAUDesember 08, 2016, categorized as KesehatanTips 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Arsip Blog